Ingin Membuat Kue Sus, Silahkan Ikuti 7 Tips Berikut Ini Kue sus merupakan makanan khas negara Perancis yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dikarenakan mempunyai tekstur renyah pada bagian kulitnya. Bukan hanya itu saja namun isian dari kue sus itu juga sangatlah lembut, sehingga tidak heran jika cemilan khas negara Perancis tersebut sering dijadikan makanan suguhan ketika hari-hari besar keagamaan seperti Natal, Imlek dan Tahun Baru. Namun dibalik keunggulannya itu, ternyata untuk membuatnya tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Di mana dibutuhkan teknik tersendiri di dalam proses pembuatannya. Lantas seperti apa cara membuat kue sus itu?.

Beberapa Tips Membuat Kue Sus yang Tidak Kempes dan Tahan Lama

Untuk membuat kue sus itu bisa dibilang gampang-gampang sulit. Pasalnya jika pembuatan adonan salah bisa mengakibatkan ketika selesai di oven kulit kue sus akan kempes sehingga sulit untuk diisi fla. Tetapi sekarang tidak perlu khawatir karena sudah ada tips membuat kue sus anti gagal yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah seperti berikut ini.

  • Pastikan Telah Menggunakan Unsalted Butter

Rasa gurih pada bagian luar dan manis di dalam menjadi karakteristik utama dari cemilan khas Prancis tersebut. Maka dari itu agar keistimewaannya bisa lebih terasa, dianjurkan untuk menambahkan Unsalted Butter dalam pembuatan adonannya. Pasalnya bahan tersebut terbukti bisa membuat kita rasa kue sus semakin gurih tanpa khawatir terlalu asin. Di samping itu sebelum menggunakan bahan tersebut Anda disarankan untuk memotongnya terlebih dahulu menjadi bentuk-bentuk kecil. Hal itu bertujuan agar nantinya ketika dilelehkan prosesnya jauh lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu.

  • Menggunakan Tepung Roti Ketika Membuat Adonannya

Sama halnya dengan proses membikin kue pada umumnya, Ketika Anda ingin membuat cemilan khas negara Perancis itu juga perlu melakukan pemilihan tepung. Untuk tepungnya sendiri Anda bisa
menggunakan jenis tepung roti. Alasan mengapa disarankan untuk menggunakan tepung roti dikarenakan bahan tersebut terbukti bisa menghasilkan kue sus yang lebih ringan. Tidak hanya itu saja namun bagian tengah dari kue sus juga jauh lebih berongga. Dengan begitu Anda bisa mengisikan flanya dalam jumlah banyak. Penggunaan tepung roti untuk pembuatan kue sus ini juga bisa menyebabkan adonannya menjadi lebih mudah mengembang dengan sempurna.

  • Masukkan Telur Ayam Ketika Adonannya Sudah Dingin

Apabila proses melarutkan tepung dengan Unsalted Butter telah selesai maka segeralah untuk mematikan kompornya. Kemudian silakan mengangkat panci tersebut dan diamkan adonannya hingga dingin. Ketika mendiamkan adonannya Anda bisa sesekali mengaduknya agar uap di dalamnya bisa cepat keluar. Dalam hal ini hindarilah untuk memasukkan telur ketika adonannya masih panas. Sebab jika hal itu dilakukan bisa mengakibatkan kegagalan dalam pembuatan adonannya dikarenakan telur ayam justru akan matang. Apabila sudah begitu nantinya kita rasa yang dihasilkan bukan lagi seperti kue sus pada umumnya.

  • Pastikan Memanggang Kue Sus Ketika Keadaan Oven Sudah Panas

Agar kue sus yang dibuat itu hasilnya sempurna sesuai dengan keinginan pastikan Anda telah memanggang adonannya pada saat kondisi oven benar-benar udah panas. Perlu diketahui bahwa dalam hal ini Anda tidak diperkenankan untuk mengatur suhu oven itu kurang dari 150 derajat Celcius. Hal itu dikarenakan jika suhu ovennya diatur di bawah 150 derajat Celcius nantinya bisa membuat kue sus sulit untuk mengembang. Tidak hanya itu saja namun Anda juga perlu menghindari untuk membuka tutup pintu oven ketika pemanggangan berlangsung agar udara di luar tidak mengganggu proses pemasakan tersebut.

  • Mengeluarkan Uap Kulit Sus

Jika kulit kue sus yang Anda panggang itu sudah benar-benar matang maka bisa untuk mengeluarkannya dari oven. Kemudian setelah kulit kue sus itu berada di luar oven bisa langsung memberi lubang kecil menggunakan tusuk gigi. Memberi lubang pada kue sus itu mempunyai tujuan untuk mengeluarkan uap di dalamnya. Pasalnya kue sus yang uapnya masih tersisa nantinya dapat mengakibatkan lembek ketika sudah dingin. Selain itu hal ini juga memiliki tujuan untuk memastikan bagian luar dari cemilan tersebut tetap kering sempurna.

  • Mendinginkan Kue Sus

Apabila kue pada umumnya setelah selesai dipanggang harus segera dikeluarkan dari oven. Namun hal tersebut tidak berlaku pada proses pembuatan kue sus yang mana Anda perlu mendiamkannya
hingga dingin di dalam oven. Maksudnya biarkan terlebih dahulu loyang yang berisi kue sus itu tetap berada di dalam oven namun dengan kondisi kompor mati. Selanjutnya bukalah pintu oven dan biarkan mendingin perlahan-lahan. Hal itu bertujuan agar nantinya kulit kue sus yang dihasilkan tidak mudah lembek dan runtuh.

  • Jangan Menggunakan Telur Dalam Jumlah Banyak

Di dalam resep kue sus biasanya Anda akan menemukan takaran tentang berapa bahan yang diperlukan termasuk jumlah telurnya. Untuk membuat adonannya sendiri pastikan telur yang
digunakan jumlahnya tidak terlalu banyak. Karena jika terlalu banyak telur dapat membuat tekstur adonan kue sus itu menjadi encer sehingga setelah dikeluarkan dari oven akan mudah mengempis.
Namun sebaliknya jika adonan kue sus itu jumlah telurnya pas bisa membuatnya mengembang dengan sempurna. Selain itu kebanyakan menggunakan telur juga bisa menyebabkan kue sus yang dihasilkan aromanya sangat amis sehingga ketika dikonsumsi akan nek.

Demikian ulasan singkat tentang tips membuat kue sus anti gagal yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Dalam hal ini agar nantinya kue sus itu bisa tahan lama sebaiknya simpanlah di dalam lemari pendingin. Tapi sebelum memasukkannya ke dalam lemari pastikan

Tags: